CPO Parit Hantarkan Tim KIR SMK SMTI Bandar Lampung Juara 1 Di LKTIN UNILA

Masalah lingkungan adalah salah satu hal yang paling penting dan perlu mendapatkan perhatian khusus, tak terkecuali para pelajar sebagai salah agent of change. Banyaknya industri pengolahan sawit di Indonesia menambah pula banyaknya masalah lingkungan khususnya pencemaran akibat pembuangan CPO Parit. CPO Parit yang tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan banyak dampak lingkungan diantaranya pencemaran lingkungan dan gangguan kesehatan pada makhluk hidup tak terkecuali manusia.

Beberapa tahun terakhir ini pemerintah mulai melirik pengalihan bahan bakar fosil menjadi bahan bakar berbasis nabati / energi terbaharukan, salah satunya  memanfaatkan sumber daya kelapa sawit yang komoditasnya melimpah di Indonesia. Residu pengolahan kelapa sawit berupa CPO Parit ini menjadi masalah tersendiri bagi lingkungan hidup khususnya manusia. Isu tentang penggunaan energi terbaharukan dan permasalahan lingkungan yang di akibatkan oleh pengelolaan CPO Parit yang tidak tepat ini menjadikan tiga siswi SMK SMTI Bandar Lampung tergelitik untuk melakukan penelitian.

Penelitian yang dimaksud adalah untuk meningkatkan nilai ekonomis CPO Parit menjadi energi terbaharukan melalui proses kimia sehingga tercipta sebuah komoditas baru berupa Biogasoline / Bahan Bakar berbasis produk nabati. Adalah Rima, Helena dan  Astri yang menginisiasi penelitian pengolahan CPO Parit menjadi biogasoline dengan metode pirolisis menggunakan bantuan cangkang telur. Hasil yang diperoleh melalui penelitian tersebut ternyata CPO Parit yang telah pirolisis menggunakan katalis heterogen berbasis cangkang telur, dapat menghasilkan biogasoline sesuai dengan standar SNI.

Keberhasilan Helena dkk, dalam mengkonversi CPO Parit menjadi biogasoline ini mendapatkan apresiasi dewan juri Lomba Karya Tulis Ilmiah / LKTI yang diselenggarakan oleh UKM Penelitian Universitas Lampung sebagai juara 1. Tim KIR SMK SMTI Bandar Lampung dibawah bimbingan ibu Faradilla Syani, M.Si kerap memperoleh juara dalam setiap LKTI yang diselenggarakan oleh beberapa institusi dan perguruan tinggi. Terakhir pada tahun 2019 juga pernah meraih juara 1 dalam LKTI yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Padang.

Kedepan hasil penelitian yang dilakukan oleh tim KIR SMK SMTI Bandar Lampung ini akan coba dideseminasikan kepada industri terkait. Dengan deseminasi tersebut diharapkan penelitian yang dilakukan oleh tim KIR dapat berhasil guna dan bermanfaat bagi pengembangan industri dan penyeleamatan lingkungan hidup.

 41 total views,  1 views today

UA-164212107-1UA-164212107-1