PROFILE – Sejarah SMK SMTI Lampung

SEJARAH SMK-SMTI LAMPUNG

SMK-SMTI Bandar Lampung beralamat di Jl. Jend. Sudirman No. 43 Kelurahan: Rawa Laut, Kecamatan Enggal Kota Bandar Lampung, Lampung. SMK-SMTI Bandar Lampung termasuk sekolah Negeri di bawah naungan kementerian perindusterian dengan NPSN 108114611. Pada tahun 2015 SMK SMTI Bandar Lampung mendapatkan akreditasi A (unggul) dari badan akreditasi nasional.

Terdapat dua program studi di SMK-SMTI Bandar Lampung yaitu kimia industri dan analisis pengelolaan laboratorium. (1) Program Keahlian Kimia Indistri SMK-SMTI Bandar Lampung dilaksanakan dalam 3 tahun dengan akreditasi BNSP A. Tujuan program keahlian ini adalah membekali peserta didik terhadap sikap pengetahuan dan keterampilan agar berkompeten dalam Melakukan pengawaasan proses industri, melaksanakan operasional proses industri, melaksanakan pekerjaan laboratorium, melakukan pengolahan limbah industri, mengelola usaha dalam bidang industri  Program Keahlian Analisis Pengelolaan Laboratorium SMK-SMTI Bandar Lampung dilaksanakan dalam 3 tahun dengan akreditasi BNSP A. Tujuan program keahlian ini adalah membekali peserta didik dengan sikap, pengetahuan dan keterampilan agar berkompeten dalam: mengelola laboratorium, melakukan sampling, membuat larutan, melakukan analisis bahan, melakukan verifikasi dan validasi

Sejak berdirinya tahun 1968 SMK-SMTI Bandar Lampung sudah berperan selama 45 tahun dengan tugas menyiapkan Sumber Daya Manusia yang berkompeten dibidang kimia Teknologi Industri sehingga mampu menunjang pertumbuhan serta perkembangan industri di Sumatera khususnya dan Indonesia umumnya dengan jumlah alumni sampai tahun pelajaran 2012/2013 adalah lebih dari 3500 orang.

Untuk mengikuti pesatnya perkembangan industri dan teknologi pada saat ini, maka SMK-SMTI Bandar Lampung ikut mempersiapkan diri dan berusaha meningkatkan mutu terutama dibidang sumber daya manusia, industri tingkat menengah yang mampu menunjang pertumbuhan dan perkembangan industri dengan memanfaatkan serta mengembangkan segala potensi sumber daya alam yang ada untuk digunakan dalam proses industri kimia baik secara teoritis maupun aplikatif sehingga dapat dimanfaatkan dalam menangani kegiatan industri kimia, melaksanakan prosedur laboratorium kimia, mengelola limbah industri kimia dan berjiwa wirausaha dalam bidang industri kecil kimia untuk meningkatkan nilai tambah dalam menumbuh kembangkan industri serta dapat meningkatkan pendapatan negara.

Seiring dengan perkembangan tersebut, SMK-SMTI Bandar Lampung juga telah melakukan evaluasi diri guna mewujudkan kemandirian antara lain dengan cara mengkaji berbagai komponen seperti kurikulum dan pembelajaran, administrasi dan manajemen, organisasi dan kelembagaan, sarana dan prasarana, ketenagaan, pembiayaan dan pendanaan, peserta didik, peran serta masyarakat serta lingkungan budaya program keahlian. Sebagai wujud nyata pengembangan diri tersebut maka sejak tahun pelajaran 2006/2007 SMK-SMTI Bandar Lampung menyesuaikan 2 program keahliannya dari program keahlian lama yaitu Program Teknologi Agro Industri menjadi Program Keahlian Kimia Industri dan Program Keahlian Pengendalian Mutu Kimia menjadi Program Keahlian Kimia Analis. Dalam mencapai sasaran yang telah ditetapkan diperlukan rencana strategik antara lain melalui penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 yang telah dicanangkan bagi seluruh guru, karyawan dan siswa SMK-SMTI Bandar Lampung sejak tanggal 10 September 2007.

 1,600 total views,  1 views today

UA-164212107-1UA-164212107-1